Senin, 08 November 2010

ISO 9241

Apa itu ISO 9241?

Dalam suatu lembaga di mana standar kegunaan berkumpul untuk pesta dengan satu sama lain, ISO 9241 adalah sedikit selebriti. Hal ini banyak dikutip oleh orang-orang yang sulit didorong untuk nama apapun standar lainnya, dan bagian itu hampir terdapat dalam hukum di beberapa negara Eropa (seperti Inggris). Kegunaaan dari standar ini ialah sebagai persyaratan ergonomis untuk pekerjaan kantor dengan terminal tampilan visual (VDTs).VDTs: penggugah tahun delapan puluhan sebagai yuppies dan musik punk rock. Hal ini membuat standar tampak ketinggalan jaman, akan tetapi ISO telah menamainya kembali. Sebagai bagian-bagian yang diterbitkan mereka akan mengadopsi judul seksi, "Ergonomi Sistem Interaksi Manusia".

Hal ini memalukan, bahwa ISO 9241 lebih banyak dikutip dari pada dibaca karena termasuk standar tidak mudah untuk didapatkan. Anda tidak bisa mendapatkan mereka di toko-toko buku atau menemukan mereka di jalan tinggi (walaupun Anda sekarang dapat memesan secara online melalui ISO).

  • ISO 9241 adalah mahal dari. Jika Anda membeli semua bagian situs web ISO biayanya SFr.1, 820 (sekitar £ 837, € 1183 atau $ 1329 ). Standar adalah bisnis besar.
  • Penggunaan "pekerjaan kantor" frase dalam judul dari semua bagian dari ISO 9241 membuatnya terdengar seperti standar relevan hanya untuk pekerjaan kantor. Dalam prakteknya, banyak bagian yang relevan dengan berbagai aplikasi. Sebuah contoh yang baik adalah bagian 17 (Formulir dialog Filling). Meskipun bagian ini dikandung sebelum situs web yang umum, berisi banyak panduan yang desainer web akan melakukannya dengan baik untuk diikuti.
  • Standar memiliki reputasi untuk tidak dapat diakses, baik karena bahasa yang legalistik atau karena mereka ditulis dalam dialek aneh dari bahasa Inggris yang disukai oleh orang-orang yang bahasa Inggris bukan bahasa pertama mereka.
  • ISO 9241 adalah besar. Jika Anda tumpukan semua bagian asli tujuh belas di atas satu sama lain ukuran lebih dari dua inci di ketebalan. Ini adalah tentang setebal versi hardback Nielsen's Usability Engineering dan Shneiderman's Merancang User Interface gabungan(ISO 9241 adalah softback dan dicetak pada kertas A4).

ISO 9241 adalah besar. Jika Anda tumpukan semua bagian asli tujuh belas di atas satu sama lain ukuran lebih dari dua inci di ketebalan. Ini adalah tentang setebal versi hardback Nielsen's Usability Engineering dan Shneiderman's Merancang User Interface gabungan(ISO 9241 adalah softback dan dicetak pada kertas A4).Anda bisa menggunakan standar ini untuk merancang sebuah workstation, mengevaluasi layar, mengatur metrik kegunaan, mengevaluasi antarmuka pengguna grafis, menguji keyboard baru, menilai perangkat interaksi baru seperti joystick, memeriksa bahwa lingkungan kerja sampai nol, dan mengukur refleksi dan warna pada layar tampilan. Ini berisi daftar periksa untuk membantu struktur evaluasi kegunaan, contoh cara mengoperasionalkan dan mengukur kegunaan, dan bibliografi yang luas. Bahkan memiliki keberanian untuk menentukan kegunaan!

Yang benar adalah bahwa beberapa orang akan tertarik pada semua bagian dari ISO 9241, yang memang telah diterbitkan sebagai dokumen terpisah ( dengan lebih dari 50 lebih bagian). Tapi sulit untuk membaca semua bagiannya, mungkin Anda tertarik hanya dari judul, dan itu adalah tentang semua informasi yang tersedia untuk umum juga. Walaupun Anda mungkin hanya tertarik pada beberapa bagian, itu selalu bagus untuk mendapatkan gambaran dan melihat apa yang Anda hilang di bagian lain. Kami berharap dokumen ini datang untuk menyelamatkan Anda. Lihat sebagai panduan perjalanan Michelin Anda ke berbagai tujuan ISO 9241 Jika tidak ada yang lain, itu akan membantu Anda tebing jalan Anda melalui rapat.

Siapa ISO?

ISO singkatan dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi dan merupakan jaringan lembaga standar nasional dari 147 negara. Karena teknologi adalah bisnis internasional, produsen memperhatikan standar internasional. Banyak negara (terutama yang di Eropa) juga mengadopsi standar ISO sebagai standar nasional, dan sehingga Anda dapat menemukan bagian dari ISO 9241 disebut-sebut sebagai rute untuk mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan, secara umum membahas hal-hal yang terkait dengan upaya peningkatkan kinerja (performance) dan kenyamanan dalam pengoperasian fasilitas kerja jalan meminimalkan resiko keselamatan maupun kesehatan kerja. Fokus perancangan terutama sekali ditujukan untuk penggunaan VDTs (Visual Display Terminals) yang umum dijumpai dalam aktivitas kerja perkantoran (office work) dengan tipikal posisi kerja sangat bervariasi seperti duduk membungkuk, tegak atau rebah bersandar; berdiri atau bergantian antara duduk-berdiri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar