Selasa, 29 Desember 2009

MENGENAL LEBIH DETAIL SPESIFIKASI LCD MONITOR

2 Tahun terakhir ini, keberadaan monitor LCD mulai menggeser penggunaan monitor tabung (CRT). Hal ini disebabkan monitor LCD memiliki banyak keunggulan seperti hemat listrik/energy, lebih aman bagi mata,ukuran yang jauh lebih ramping.

Ketika ingin membeli monitor LCD, sering kita lihat berbagai istilah baru berkenaan dengan fitur-fitur LCD. Adapun beberapa istilah penting yang akan kita jumpai berhubungan dengan monitor:

RESOLUSI, merupakan ukuran pixel (banyak titik tampilan). Monitor CRT biasanya mempunyai ukuran 500*600 sedangkan LCD mempunyai 2 ukuran, yang satu mirip dengan CRT dan yang satu lagi disebut dengan istilah Wide Screen.

Wide Screen. LCD Wide Screen dari segi performance mampu menampilkan gambar yang tajam, dari tingkat pencahayaannyapun ia tidak kalah dengan kondisi ruangan yang lebih terang, dari tingkat kerataannyapun seimbang dan enak untuk dilihat.

LCD Wide Screen ini juga digunakan dalam acara Game Online 111 jam yang tercatat dalam rekor muri untuk game online terlama.

2. VIEWABLE SIZE,ukuran diagonal layar monitor

3. RESPONSE TIME, nilai response time dinyatakan dalam millisecond. Semakin kecil nilai respon semakin cepat dan cacat yang mungkin ditampilkan semakin kecil.

4. REFRESH RATE (jumlah gambar yang ditampilkan tiap detik),nilai Refresh LCD monitor tidak begiyu memepengaruhi tampilan

5. VIEWING ANGLE, merupakan nilai sudut max.

6. CONTRAST RATIO, merupakan perbandingan intensitas dari kecerahan dan kegelapan warna

7. ASPECT RATIO, perbandingan antara panjang, lebar dan tinggi layar monitor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar