Kamis, 26 November 2009

Merakit PC

A. Pengantar

Membongkar PC merupakan menguraikan PC komponen-komponen saja. Semua komponen yang ada harus kita lepas dulu. Hal ini bisa dilakukan untuk proses troubleshooting bila PC kita mengalami masalah.

B. Meng-upgrade Pc

Apakah kita merasa kemempuan PC kita sudah baik??apakah pernah terfikir untuk menambah atau mengganti komponen-komponen yang ada dengan yang lebih bagus,agar kinerja dari PC kita lebih baik lagi? Inilah yang kita sebut dengan upgrade, melakukan pergantian pada komponen-komponen dari PC dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Komponen Motherboard yang biasa di upgrade adalah Motherboard, Processor, RAM, VGA Card, CD-ROM, Sound Card, Harddisk, dll.

Peng-Upgradetan PC ini merupakan hal yang sangat menarik bagi pemilik PC yang sudah tua atau berumur, sebab akan memakan biaya yang lebih murah dari pada membeli PC yang baru. Setidaknya kinerja PC akan lebih baik dan memberi kepuasan tersendiri bagi kita.

1. Pertimbangan melakukan upgrade

a. Motherboard

Pengecekan motherboard sangatlah penting karena komponen tsb,akan dipasangkan pada motherboard.

Berikut adalah langkah pengecekannya:

Lakukan cek apakah motherboard “support” atau tidak terhadap komponenyang akn ditambahkan, meliputi:

1. Upgrade RAM, lihat slot yang kosong.

2. Upgrade VGA Card, lihat slot yang digunakan oleh VGA

a. Baca manual Motherboard, kenali jenis slotnya.

b. Untuk upgrade processor, ketahui apakah motherboard anda mendukung terhadap processor yang anda inginkan. Perlu diperhatikan agar motherboard yang baru mendukung kecepatan Bus dari processor yang anda inginkan.

b. Case

Pengecekkan case ini perlu untuk melihat ruang kosong jika kita hendak menambah drive dan jika kita mengganti motherboard baru ,periksa apakah case kita cocok dengan motherboard yang baru yaitu bagian sumber power, AT atau ATX.motherboard terbaru umumnya mendukung ATX.

c. RAM

Upgrade memori snagt baik karena dapat meningkatkan kecepetan akses dan kerja computer, hal itu kan tampak apabila kita menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu.

Langkah yang dapat diambil agar mendapat hasil yang maksimal:

1. Kenali memori Anda, jenis slot yang digunakan oleh memori anda SIMM atau DIMM? Jika menggunakan slot SIMM, berarti anda harus menambah tipe yang sama. Jika menggunakan slot DIMM anda harus menambah minimum satu bank DIMM untuk mengupgradenya.

2. Clock RAM, RAM yang ditambahkan hendaknya memiliki clock yang sama dengan RAM yang sudah ada.

d. Processor

Upgrade processor dapat dilakukan melalui 2 hal berikut :

1. Membeli kit upgrade processor, yang dimaksud engan kit ini, merupakan suatu bentuk paket upgrade dengan menggunakan teknologo overdrive.

2. Processor baru, merupakan cara upgrade yang paling sering dilakukan namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

a. Motherboard anda harus mendukung kecepetan Bus dari processor

b. Clock speed dari processor makin cepat makin baik

c. Dukungan cache memori dari processor.

e. Harddisk

Sekarang harddisk yang tersedia dipasaran umumnya berukuran minimal 16 GB dalam mengupgrade harddisk tentunya kita menginginkan harddisk dengan kapasitas besar yang kita perkirakan aman untuk 2-3 tahun kedepan. Untuk anda yang memiliki computer lama, anda pertama-tama harus mencek BIOS anda, apakah dapat menangani harddisk yang berukuran diatas 84 GB, jika sekiranya tidak mendukung anda dapat terlebih dahulu melakukan update BIOS dengan men-download dari vendor motherboard anda atau dari vendor BIOS itu sendiri.

f. ZIP DRIVE + Media Penyimpanan Lainnya

Jika data yang disimpan itu sering berpindah-pindah dan kapasitasnya besar, anda dapat menggunakan ZIP Drive yang memiliki catridge penyimpanan yang cukup besars ekitar 10 MB atau dengan menggunakan drive Jazz SCSI dengan kapasitas 2 GB dan drive RB 2,2 GB.

g. Display

Upgrade display adalah bentuk upgrade yangs erring dilakukan orang jika kita hanya melihat komponen tertentu dari display.upgrade display meliputi upgrade monitor saja, kartu grafis saja atau kedua-duanya.

h. Monitor

Monitor yang kita pilih haruslah monitor yang memiliki dukungan resolusi tinggi sehingga tampilan yang ditampilkan kan lebih tajam dan lebih hidup dan memiliki dukungan terhadap tampilan warna yang tinggi.

i. VGA Card

Namun peningkatan display tidak hanya dari kualitas monitor saja, upgrade kartu grafis juga akan memberikan pengaruh yang tidak sedikit

j. Port

Bila anda mengalami kebingungan ketika ingin menambah komponen computer karena port yang tersedia terlalu sedikit, seperti kamera desktop, scanner, kamera digital, yang pada umumnya diproduksi sekarang ini dengan port USB. Port USB bentuknya seperti persegi kecil yang berada pada panel belakang system. Port USB ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepet dari pada port serial biasa, sekitar 12 Mbps.

k. CD-RW vs DVD

DVD-ROM merupakan salah satu alternative bagi CD-ROM anda jika sudah using dan ingin menggantinya. DVD-ROM akan memberikan tampilan movie yang lebih baik,sebuak kit DVD-ROM terdiri dari DVD-ROM drive dan recorder card,decorder card dibutuhkan untuk memutar film DVD, karena jika menggunakan decorder MPEG-2 software akan memberikan hasil yang kurang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar