Selasa, 03 November 2009

DAMPAK KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Suatu organisasi tidak hanya memerlukan struktur yang baik, kerja sama yang bagus, ataupun tujuan kedepan yang jelas, akan tetapi ada hal yang lebih penting dari itu, yaitu komunikasi. Dewasa ini komunikasi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan ,karena tanpa komunikasi akan sulit bagi kita untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Lalu apakah sebenarnya komunikasi itu?

Komunikasi adalah sautu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik dalam lingkungan masyarakat.Dalam hubungan bilateral antar negara diperlukan juga komunikasi yang baik agar hubungan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Begitu juga dengan suatu organisasi, komunikasi merupakan salah satu aspek yang bisa berdampak pada kemajuan organisasi tsb. Adapun fungsi komunikasi ialah sbb:

1. Sebagai media pembentukan konsep diri Mengenali diri sendiri. 2. Sebagai media pernyataan eksistensi diri Menunjukkan akan keberadaan diri. 3. Sebagai media apresiasi Mengungkapkan perasaan atau apa yang ada dalam pikiran.

4. Sebagai media ritual Berbagi komitmen emosional. 5. Sebagai media instrumental Menginformasikan, mengajarkan, mendorong, mengubah sikap, keyakinan dan perilaku, serta untuk menghibur.

TINDAKAN KOMUNIKASI meliputi : 1. Pelaku komunikasi (aktor), yaitu : komunikator dan komunikan 2. Pesan 3. Saluran (media) 4. Waktu & tempat 5. Situasi & kondisi 6. Hasil / akibat (efek)

Maksudnya disini komunikasi itu akan terlaksana jika adanya actor (komunikator dan komunikan),harus ada pesan / isyarat yang akan disampaikan, harus ada saluran (media penyalur pesan), waktu dan tempat yang mendukung proses komunikasi, situasi dan kondisi yang memungkinkan terjadinya komunikasi,dan yang terakhir komunikasi itu akan menghasilkan akibat (efek).

PROSES KOMUNIKASI : 1. Monolog (seperti teori Harold Dwight Lasswell) --> masih memakai istilah komunikator dan komunikan - Komunikasi satu arah / monolog 2. Interaksional --> masih memakai istilah komunikator dan komunikan - Komunikasi dua arah / dialog 3. Transaksional --> menggunakan istilah AKTOR yang melakukan peran

TINGKATAN/KONTEKS KOMUNIKASI : 1. Komunikasi Intrapribadi 2. Komunikasi Antarpribadi 3. Komunikasi Kelompok 4. Komunikasi Organisasi 5. Komunikasi Massa

2 MACAM KOMUNIKASI : A. Komunikasi Non Media : 1. Komunikasi Intrapersonal (komunikasi dengan diri sendiri) 2. Komunikasi Interpersonal (komunikasi dengan orang lain) 3. Komunikasi Kelompok (komunikasi dengan orang lain di dalam kelompok) 4. Komunikasi Organisasi (komunikasi di dalam organisasi) B. Komunikasi Media : 1. Komunikasi Massa a. Periodik b. Non Periodik 2. Komunikasi Non Massa

Sekarang ini komunikasi lewat media lebih banyak diminati, misalnya saja televisi. Apapun bisa disampaikan lewat televisi, hal tsb juga memberi pengaruh terhadap dunia pendidikan, karena sedikit tidaknya televisi membantu para guru dan murid untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai dunia pendidikan sebagai penunjang keberhasilan dunia pendidikan.

Contoh lain Manfaat komunikasi adalah dalam hubungan bilateral antar negara, seperti yang terjadi antara Indonesia dengan Malaysia. Dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik maka timbul kerjasama dalam berbagai bidang yang mana berdampak positif bagi kedua negara tersebut.

Sebaliknya, Miss Communication (terjadinya kesalahan dalam salah satu proses komunikasi) akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak di capai. Seperti yang terjadi dalam hubungan Indonesia dengan Australia, dimana pihak Australia menganggap pernyataan Indonesia mengenai “Negara Bebas Teroris” di terjemahkan oleh Australia sebagai “Indonesia Gudang Teroris”. Hal ini menyebabkan dampak yang kurang baik dalam hubungan kedua negara tersebut.

Dari kedua contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa komunikasi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Contoh lain dalam pendidikan seperti hubungan dosen dengan mahasiswa,dengan adanya komunikasi,maka kegiatan belajar- mengajar akan berlangsung dengan baik dan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar